Kamis, 21 April 2011

20 Hal yang Tidak Kamu Ketahui tentang Nyamuk


  1. Nyamuk tidak menggigit, melainkan menghisap
  1. Terdapat lebih 2.500 jenis nyamuk di Planet Bumi. Beberapa pakar serangga malah menyebutkan angka 3.000. Ribuan jenis nyamuk itu tersebar di kawasan tundra di Arktik yang dingin sampai daerah hutan tropis yang terik. Kebanyakan bergerak aktif pada waktu dini dan malam hari. Ada juga jenis Nyamuk yang mencari makan di tengah hari.
  1. Nyamuk lebih suka tempat yang gelap seperti pohon dan semak-semak. makanya nyamuk lebih suka mengincar korban manusia yang mengenakan pakaian dengan warna gelap daripada terang.
  1. Seperti manusia, nyamuk juga punya selera. Ada nyamuk yang doyan darah manusia, ada yang lebih suka darah kuda, burung, kodok, atau kura-kura.
  1. Dibutuhkan sekitar 1.200.000 nyamuk dan masing-masing menghisap satu kali untuk bisa secara total mengeringkan darah dari tubuh seorang manusia.
  1. Kedengarannya berlebihan dan mustahil, tapi di Arktik (sekitar Kutub Utara), sejumlah periset Kanada yang bertelanjang tangan, kaki, dan dada dilaporkan terkena 9.000 gigitan per menit dari sekelompok nyamuk yang baru menetas. Dengan jumlah gigitan sebanyak itu, seseorang bisa kehilangan seluruh darah di dalam tubuhnya dalam waktu 2 jam.
  1. Sayap nyamuk mengepak sebanyak 300-600 per detik
  1. Para peneliti di Kanada itu memasang sinyal kimia pada nyamuk-nyamuk yang dijadikan kelinci percobaan. Begitu seekor nyamuk kenyang, sinyak kimia itu tertutup dan menghalangi masuknya darah. Kalau sinyal itu macet, nyamuk akan terus menghisap darah sampai tubuhnya meledak.
  1. Menurut penelitian yang diadakan oleh Universitas Bristol, kuping nyamuk jantan dilengkapi dengan sensor dalam jumlah yang sama dengan kuping manusia. Sensor-sensor itu memungkinkan nyamuk jantan mengejar nyamuk betina yang sedang berkeliaran.
  1. Kalau nyamuk jantan berhasil mendeteksi nyamuk betina, dalam waktu satu atau dua detik dia mulai melakukan pengaturan suara agara dengung yang keluar dari tubuhnya selaras dengan nyamuk betina. Nyamuk betina butuh lebih banyak watu untuk melakukan pengaturan suara seperti itu.
  1. Nyamuk bisa kawin di udara dalam waktu 15 detik terhitung sejak PEDEKATE dengan nyamuk yang ditaksirnya.
  1. Nyamuk jantan adalah pemakan sayur-sayuran alias vegetarian. Mereka hanya mengkonsumsi sari tumbuhan. Nyamuk betinalah yang menghisap darah karena membutuhkan protein untuk meghasilkan telur.
  1. jutaan tahun lalu, nyamuk berukuran 3x lipat dibandingkan dengan nyamuk zaman sekarang.
  1. Nyamuk mendeteksi manusia melalui helaan nafas, terutama di saat menusia tidur atau baru berolahraga.
  1. Di kawasan Amerika Tengah terdapat wilayah yang diberi nama Mosquito Coast atau Pantai Nyamuk. ama itu bukan diilhami nyamuk, melainkan akibat salah satu ucap nama suku asli Indian, Miskito.

| Free Bussines? |

1 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

fb comments