Senin, 25 April 2011

Sering Buang Air Kecil Malam, Resiko Kematian Lebih Tinggi


    Bukan maksudnya mau menakut-nakuti nih, ternyata orang yang sering buang air kecil pada malam hari memiliki resiko tinggi yang berujung pada kematian. Fakta ini didasari pada hasil penelitian yang bilang bahwa kebiasaan buang air kecil di malam hari merupakan kondisi medis yang diperkirakan jadi sebab utama kematian di kalangan orang dewasa maupun kalangan lanjut usia.
















Penelitian yang dilakukan di England Research Institute di Watertown, Massachusetts terhadap rekam kesehatan sedikitnya 16.000 cowok dan cewek umur 20 tahun ke atas membuktikan kalau orang-orang yang bangun malam hari dan buang air kecil sebanyak dua kali atau lebih, punya resiko kematian yang lebih tinggi dibandingkan dengan orang yang buang air kecil kurang dari dua kali di malam hari.

        Seringnya buang air kecil bisa jadi pertanda bahwa orang tersebut sedang memiliki penyakit yang tidak terdeteksi atau itu adalah pertanda adanya perkembangan dari penyakit kronis. Lalu, kebiasaan buang air kecil waktu tidur malam juga bisa beresiko ke munculnya penyakit lain, misalnya kerapuhan tulang yang terjadi akibat gerakan waktu bangun dari tempat tidur untuk pergi ke kamar kecil.

          Hubungan antara kebiasaan buang air kecil dan resiko kematian ini terutama dapat terjadi pada penderita diabetes dan penyakit kardiovaskular. Selain itu, resiko kematian akan hal ini juga sangat tinggi pada orang yang berusia antara 20 tahun hingga 64 tahun, daripada orang yang berusia 65 tahun ke atas. "Orang muda yang ngaku sering mengalami buang air kecil di malam hari, memiliki resiko kematian dua kali lipat daripada orang yang tidak memiliki kebiasaan ini. Sedangkan orang dewasa yang intens buang air kecil di malam hari, memiliki resiko kematian lebih tinggi 20 sampe 30 persen," kata peneliti dari New England Research Institutes, Varant Kupelian.

          Varant menguji data dari Third National Health dan Nutrition Examination Survey (NHANES III) yang dilakukan antara tahun 1988 dan 1994. Termasuk data sertifikat kematian yang terdapat pada indeks kematian yang terdapat sepanjang Desember 2000. Dalam kelompok studi yang terdiri atas 15.988 pria dan wanita, kebiasaan buang air kecil pada pria sebanyak 15,5 persen sedangkan pada wanita 21 persen dan semakin tinggi seiring bertambahnya usia. (as/sumber: okezone.com)

| Free Bussines? |

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

fb comments