Jumat, 22 April 2011

Makanan Terbaik & Terburuk untuk Otak Kita

             Harus membuat keputusan penting di saat yang membingungkan? Jangan panik. Buatlah keputusan terbaik dengan memberikan perhatian khusus pada makanan yang kamu santap. Makanan yang tepat tidak ubahnya bahan bakar yang bersih bagi otak. Tahukah kamu, otak adalah organ tubuh yang paling rakus melahap energi. Sebuah penelitian yang hasilnya diterbitkan di Journal of Physiology menjelaskan bahwa otak hanya berbobot 2% dari total berat badan kamu, tetapi menyedot 20% energi.
            Menurut situs Eat This, Not That!, ada sejumlah makanan yang dikategorikan terbaik dan terburuk bagi otak. Kita bisa 200% produktif jika mengkonsumsi makanan yangt tepat. Nah, makanan-makanan berikut ini dijamin bisa menghentikan kemerosotan mental, menajamkan memori, memperkuat panca indera, memperbaiki kinerja, serta mengaktifkan hormon-hormon pemberi semangat.
             Sudah makan? Selamat bersantap dan pilihlah makanan terbaik bagi otak. (ndraa/yahoo)

1.  Untuk Memperbaiki Memori Jangka Pendek

#Sebaiknya Minum kopi
             Kopi yang baru diseduh merupakan bahan bakar otak paling pokok. Kafein yang terkandung dalam kopi terbukti memperlambat proses penuaan dan meningkatkan kinerja memori jangka pendek. Dalam sebuah riset para peneliti Inggris menemukan bahwa secangkir kopi membantu memperbaiki konsentrasi serta keterampilan memecahkan masalah.

#Hindari minuman energi/ terlalu banyak kopi
             Pernah mendengar peribahasa "terlalu banyak itu tidak baik" ? Kopi yang pada dasarnya baik bagi otak, Jika diminum berlebihan bisa membuat kamu overdosis juga tuh. Baik kopi maupun minuman energi yang dikonsumsi petang hari dalam jumlah banyak akan mengganggu waktu tidur kamu. Padahal tidur adalah waktu untuk me-reboot komputer mental kamu. kalau kamu kurang tidur, komputer di otak kamu akan rusak tuh.

2.  Untuk Memperbaiki Memori Jangka Panjang

#Sebaiknya : Mengemil Blueberry
             Zat antioksidan yang terkandung di dalam buah blueberry membantu melindungi otak dari kerusakan radikal bebas. Buah blueberry juga mengurangi resiko terkena Alzheimer (penyakiut penurunan kerja otak yang sangat berpengaruh pada kemampuan berpikir dan mengingat) dan Parkinson (penyakit gangguan pada sistem syaraf). Dengan mengemil blueberry, kamu membantu orak memperbaiki kemampuan berpikir. Blueberry liar mengandung lebih banyak antioksidan dibandingkan jenis blueberry yang dibudidayakan.

#Hindari : Buah yang belum matang
           Jika buah berry favorite kamu sedang tidak musim, kamu bisa membeli buah berry beku. Kemasannya telah diatus sedemikian rupa sehingga zat antioksidannya tetap dalam kondisi prima dan rasanya tetap enak. Buah beku jauh lebih baik dibandingkan buah segar yang dijual di luar musim. Selain mahal, buah yang belum matang terlihat pucat, keras, dan matang selama perjalanan di dalam truk pengantar. Sementara buah berry segar matang alamiah di semak.

3.  Untuk Berpikir Cepat

#Sebaiknya : makan ikan salmon atau ikan kembung.
             Asam lemak Omega-3 yang terkandung di dalam ikan berlemak merupakan balok pembangun utama jaringan otak. Ikan salmon kaya niacin, zat yang membantu mengurangi resiko Alzheimer da memperlambat tingkat penurunan daya pikir.

#Hindari : Es krim berlemak
            Tidak semua lemakn itu baik. Waspadalah makanan yang tinggi kandungan lemak tak jenuh. Karena akan menyumbat pembuluh darah dan menghambat aliran zat gizi dan darah ke otak. Es krim jelas tidak disarankan untuk kesehatan otak.

4.  Untuk Memberikan Energi

#Sebaiknya : santaplah salad dengan saos cuka, minyak, dan perasan jeruk (vinaigrette).
             Minyak yang terkandung dalam vinaigrette membantu memperlambat pencernaan protein dan karbohidrat dalam salad, menstabilkan kadar gula darah, dan mempertahankan tingkat energi. Buatlah salad dari daun bayam dan daun salad untuk mendapatkan tambahan riboflavin, kemudian tambahkan ayam dan telur rebus sebagai protein penambah energi.

#Hindari : penekuk atau bagel
             Para peneliti di MIT University menganalisis sampel darah dari sekelompok orang yang menyantap sarapan pagi berkadar karbohidrat tinggi. Dua jam setelah sarapan, kelompok pemakan karbohidrat terbukti menunjukkan kadar tryptophan 4 kali lipat lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok pemakan protein. Tryptophan adalah penyebab kamu mengantuk dan kehilangan tenaga.

5.  Untuk Menenangkan Diri

#Sebaiknya : Habiskan yogurt rendah lemak atau kacang campur
            Ilmuwan di Slowakia memberikan sekelompok sukarelawan 3 gram lysine dan arginine, 2 jenis asam amino. Sementara sekelompok sukarelawan lainnya hanya mendapat placebo (pil bersalut gula yang biasa diberikan dokter untuk menenangkan pasien yang yakin dirinya sakit padahal tubuhnya baik-baik saja). Lantas kedua kelompok sukarelawan itu diminta berpidato. Tes darah yang dilakukan terhadap hormon-hormon stres memperlihatkan bahwa kelompok yang mengkonsumsi asam amino hanya separuh cemas selama dan sesudah berpidato dibandingkan dengan kelompok peminum placebo. Yogurt adalah salah satu makanan sumber lysine terkaya, sedangkan kacang sangat kaya akan arginine.

#Hindari : Soda
             Menurut penelitian yang dilaporkan oleh American Journal of Public Health,  orang yang minum 2,5 kaleng minuman bersoda setiap hari 3 kali lebih rentan terserang depresi dan kecemasan dibandingkan orang yang minum lebih sedikit soda.

6.  untuk Berkonsentrasi

#Sebaiknya : nikmati teh peppermint
             Aroma peppermint membantu kamu berkonsentrasi dan mendorong kinerja, jelas para periset. Jadi kalau kamu sedang menyelesaikan tugas sekolah yang rumit atau sedang terperangkap kemacetan, nikmatilah teh peppermint. Kamu akan lebih awas dan tak seberapa cemas.

#Hindari ; permen
             Makanan bergula menyuntikkan gelombag besar glukosa secara mendadak. Dalam jangka waktu panjang, konsumsi gula akan menaikkan dan menurunkan kadar gula secara ekstrem dan berakibat pada kebingungan.

7.  Untuk Mempertahanlan Suasana Hati yang Baik dan Senyuman

#Sebaiknya : makan bayam dan arugula (daun salad wangi).
             Sayuran berdaun kaya vitamin B yang merupakan komponen paling penting dalam membangun hormon-hormon penyebab suasana hati yang baik, yaitu serotonin, dopamine, dan norepiphrine. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di Journal of Neuroscience Nursing, kekurangan vitamin B6 menyebabkan cemas, marah, dan bahkan depresi.

#Hindari : Cokelat putih
             Cokelat putih sama sekali bukan cokelat karena tidak mengandung cokelat padat. Cokelat putih terbuat dari mentega cokelat, vanila, gula dan susu padat. Jadi cokelat putih tidak akan mendorong pengeluaran serotonin seperti halnya cokelat sungguhan. Serotonin adalah hormon yang menumbuhkan rasa gembira. Pilihlah cokelat yang benar-benar cokelat. Semakin cokelat, semakin baik.

8.  Untuk Menajamkan Indera

#Sebaiknya : habiskan 1 sendok flaxseed (biji lenan/biji rami) giling setiap hari.
            Flax adalah sumber terbaik alphalinoleic atau ALA, yaitu lemak sehat yang meningkatkan daya kerja cerebral cortex, bagian otak yang memproses informasi yang berupa sensor. Supaya asupan ALA kamu cukup, taburkan flaxseed pada salad atau campurkan pada smoothie dan minuman kocok.

#Hindari : Alkohol
        Satu atau dua gelas minuman beralkohol pada awalnya memang meningkatkan ketajaman indera. Namun beberapa waktu berselang alkohol akan menekan sistem syaraf. Akibatnya, kamu pun menjadi ceroboh, bukannya awas.

| Free Bussines? |

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

fb comments