Jumat, 22 April 2011

Kesalahan Umum yang Dilakukan Siswa Saat Ujian

Sesempurna apapun persiapan kamu mengjadapi ujian, selalu saja ada kesalahan sepele yang mungkin kamu lakukan dan akhirnya mengacaukan ujian keseluruhan. Sayang Sekali bukan ? Bah, sebelum kamu maju berperang ke medan ujian. Saya mau mengingatkan kamu mengnai 9 kesalahan Umum yang dilakukan siswa saat ujian. Ke-9 kesalahan ini benar terjadi, biasanya karena stres. Jangan sampai deh kamu juga melakukannya. ndra/ez



Jika kamu menemukan soal yang sangat sukar, jangan berkeringat dingin. langsung tinggalkan dan lanjutkan membaca soal berikutnya. Kamu kan bisa kembali mengerjakan soal yang sukar itu jika sudah menuntaskan soal-soal lainnya.


Datang ke lokasi ujian yang keliru atau muncul di tanggal atau jam yang salah.

Problem
Rasanya mustahil terjadi, tapi ada saja loh siswa yang apes sehingga salah membaca tanggal atau lokasi ujian. Harusnya datang ke lokasi A, kok sampainya ke lokasi Z. Harusnya tanggal 7 jam 8 kok malah nongol jam 7 tanggal 8. fatal!

Solusi
Luangkan waktu berkali-kali untuk membaca jadwal dengan seksama. Dengan demikian seluruh informasi kamu serap dengan sangat baik. Jangan andalkan ingatan teman atau bahkan ingatan kamu sendiri. Percayalah hanya pada jadwal tertulis yang dikelurkan oleh panitia/sekolah. Cek berkali-kali semua tanggal, jam, dan tempat sepekan sebelum ujian berlangsung dan setiap pagi setelah kamu terbangun serta malam sebelum kamu tidur.



Mengerjakan semua soal padahal hanya diminta mengerjakan beberapa saja.

Problem
Ada saja siswa yang membuang-buang waktu mengerjakan semua soal padahal hanya diperintahkan mengerjakan beberapa soal.

Solusi
Bacalah perintah ujian dengan seksama dan perlahan. Jangan sok tahu! mungkin saja perintah ujian kali ini berbeda dari ujian-ujian sebelumnya. Jika kamu merasa tidak paham dengan instruksi ujian, jangan ragu bertanya kepada pengawas.



Memberikan jawaban yang kurang memadai dalam soal esai

Problem
Soal esai lebi fleksibel dibandingkan pilihan berganda. Jawaban kamu bisa seluruhnya benar, bisa juga sebagian benar. Kumpulkan poin sebanyak-banyaknya dengan memberikan uraian dan contoh yang memadai.

Solusi
Jika kamu diminta menyebutkan 5 contoh maka sebutkanlah 5, jangan hanya 3 atau 4. Kalau kamu merasa ragu dengan jawaban kamu, tuliskan 7 poin untuk memperbesar peluang kamu mendapatkan nilai yang tinggi.


Datang dengan perlengkapan yang keliru

Problem
Soal ujian memerlukan kalkulator dan kamu tidak membawanya! meminjam kalkulator peserta ujian yang lain? Mana mungkin diperbolehkan oleh panitia dan peserta lain.

Solusi
Sepekan sebelum ujian tiba, periksalah perlengkapan apa saja yang harus kamu bawa dan apa yang tidak boleh kamu bawa.



Menjawab dengan urutan soal yang salah

Problem
Mimpi buruk bagi peserta ujian adalah menjawab soal dengan urutan yang salah. ini biasanya terjadi lantaran siswa mengerjakan soal tidak berurutan dari nomor 1 sampai nomor terakhir. Demi menghindari malapetaka ini, sebaiknya kamu mengerjakan sial berurutan deh.

Solusi
Ucapkan dengan bersuara nomor soal yang akan kamu kerjakan. Periksa dua kali setiap soal dan jawaban, terutama untuk soal pilihan berganda.


Tidak menjawab apa yang ditanyakan, menjawab apa yang tidak ditanyakan

Problem
Biarpun kamu memberikan jawaban panjang dan komplet, kalau kamu tidak memberikan jawaban yang ditanyakan, kamu akan mendapatkan nilai rendah atau bahkan nol.

Solusi
Bacalah setiap soal dengan bersungguh-sungguh dan perlahan-lahan. Baca beberapa kali sampai kamu paham apa pertanyaannya. Garis bawahi kata-kata kunci. Kemudian baca kembali lagi. membaca soal ujian bukanlah hal yang harus dibaca sembari lalu.


Melewatkan beberapa soal ujian.

Problem
Dari 100 siswa peserta ujian, beberapa di antaranya pasti lupa mengerjakan sejumlah soal.

Solusi
Buka semua lembar soal dari halaman terdepan sampai halaman paling belakang sebelum kamu tahu letak semua soal dan semua jenis soal -dari pilihan ganda hingga esai. Jika kamu harus memilih menjawab 2 dari 6 soal, yakinlah bahwa kamu sudah membaca ke 6 soal itu.


Menghabiskan waktu terlalu lama untuk mengerjakan satu soal tertentu.

Problem
Bahkan jika kamu sukses mengerjakan 1 soal ujian, nilai kamu akan anjlok jika kamu mengabaikan soal-soal lainnya.

Solusi
Pastikan kamu "bersikap adil" terhadap seluruh soal yang kamu hadapi. Jika kamu memiliki kelebihan waktu, barulah kamu boleh mencurahkan waktu untuk memeriksa kembali soal tertentu yang belum bisa kamu yakini jawabannya.


Panik karena soal nomor 1 sangat sukar

Problem
Siswa bisa langsung panik begitu membaca soal nomor 1 yang luar biasa sukar. Tahu-tahu setengah jam sudah lewat gara-gara siswa berkutat di soal nomor 1 yang sukar itu.

Solusi

| Free Bussines? |

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

fb comments