Jumat, 22 April 2011

Cara Mengatasi Otak Lemot

Mungkin gak bikin heran lagi kalo dibilang manusia gak ada yang sama. Ada manusia yang pintar, ada manusia yang cerdas, ada yang kurang pinter dan ada manusia yang biasa aja. Lepas dari bawaan yang beda-beda, aku pengen berbagi cerita seru tentang kemampuan manusia yang sebenernya luar biasa banget.

OTAK MANUSIA

         Sejak ditemukan mikroskop, jadi ketahuan kalo lapisan otak jauh lebih rumit dari yang diduga sebelumnya. Ada ribuan syaraf dan pembuluh darah yang saking banyaknya, sampe seperti layaknya benang yang kusut. Otak terdiri dari jutaan sel-sel saraf yang disebut neuron.
               Dengan ditemukannya mikroskop elektron, para ahli menemukan bahwa sel otak seperti gurita yang mempunyai tentakel yang menyebar ke mana-mana. Mereka menyimpulkan bahwa rata-rata otak manusia mengandung 10 miliar neuron. Anggapan yang bilang banyaknya sel otak mempengaruhi kecerdasan seseorang, ternyata salah. Buktinya ada orang-orang dengan volume otak lebih kecil tapi dia lebih pandai.
        Profesor Anokhim merupakan yang pertama menemukan bahwa bukan jumlah sel otak yang menentukan kecerdasan seseorang tapi tonjolan tentakel pada sel-sel otak. Anokhim menemukan bahwa otak merupakan jaringan yang terbentuk dari ribuan tonjolan tentakel pada jutaan sel-sel otak.
              Dalam pernyataannya sebelum meninggal, Anokhim yakin belum ada seorang pun manusia yang bisa memanfaatkan otak secara maksimal. Dalam hitung-hitungan Pak Profesor, panjang hubungan alur yang dibentuk oleh satu otak sampe 10 kilometer.


TUA-TUA KELADI

          Penemuan tentang kemampuan artistik dan akademik otak dan penemuan betapa luasnya potensi untuk membentuk pola hubungan, memperkuat anggapan bahwa otak manusia jauh lebih hebat dari yang pernah dibayangkan. Hampir semua masalah pemanfaatan otak yang timbul, bukan karena otaknya tidak mampu, namun karena kita gak cukup tahu gimana  cara kerja dan mengolah otak kita.
          Menurut Profesor Mark Rosenzweig, jika otak kita dirangsang, berapa pun umur orang tersebut, akan menimbulkan tonjolan di tiap tentakelnya dan berpengaruh pada kemampuan berpikirnya. Jadi tidak benar jika semaki tua semakin tidak bisa pintar.
          Buktinya banyak tokoh dunia menghasilkan karya yang luar biasa di umurnya yang tidak bisa dibilang muda. Michael Angelo samapi umur 80 tahun masih menghasilkan karya yang luar biasa, Picasso berhasil menciptakan karya yang begitu terkenal di umur 90 tahun.


SUPER KOMPUTER

     Kemampuan otak yang luar biasa memang sulit untuk dicari padanannya. Mungkin dengan membandingkan otak manusia dengan piranti yang kita kenal bisa lebih mudah dipahami. Konon jika dibandingkan dengan semua jaringan telepon yang ada di muka bumi ini, jika disatukan kemampuannya baru sebanding dengan otak yang besarnya seukuran kacang tanah.
             Kesimpulan ini ditegaskan dengan pernyataan Profesor D Samuel dari Institut Weizmann di Israel yang bilang kalau dalam sesaat saja, ada 100 ribu hingga 1 juta reaksi kimia yang terjadi di dalam otak. Jadi bisa dibilang kalau otak manusia seperti super komputer biologis. Sejauh ini, perkembangan teknologi baru sampai di ambang ciptaan yang maha luar biasa. Pastinya salah satu yang penting untuk kita adalah bagaimana caranya meningkatkan kemampuan otak kita secara wajar tapi efektif.


MEMORI

              Ngomongin memori otak, sebelumnya dibagi dulu menjadi dua aspek. Pertama aspek daya tampung dan aspek daya panggil. Kemampuan otak menerima dan menampung informasi yang masuk disebut daya tampung. Sementara daya panggil adalah kemampuan otak mengambil lagi atau mengeluarkan informasi tertentu dari pangkalan informasi yang ada di otak kita.
            Kalau orang bilang memori saya jelek, belum tentu semua memori otaknya tidak bagus. Biasanya karena kemampuan daya panggil informasinya yang kurang. "Gue tahu, tapi gue kok ga ingat ya?" kalimat yang seperti itu menunjukkan kalau daya tampungnya cukup baik, hanya saja daya panggilnya yang kurang terlatih. Orang juga sering bilang "ini mimpi atau nyata sih?" kalimat ini bisa muncul karena adanya informasi yang kadang jelas banget.
               Nah dengan sedikit cerita tentang otak manusia yang dikumpulkan dari kayadansehatblog.com setidaknya bisa memacu teman-teman semua untuk terus berusaha lebih baik. (dd/berbagai sumber).


MELATIH OTAK
          Otak yang terlatih berbeda dengan otak yang gak terlatih. Pastinya, otak yang terlatih lebih bisa menyelesaikan banyak masalah dibanding otak yang dibiarkan terus-terusan. Banyak cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan otak, di bawah ini beberapa diantaranya.


#TERUS LATIHAN
          Ahli matematika bilang, gak hanya teknik yang dibutuhkan dalam matematika tapi juga kesungguhan atau keseriusan. Keahlian matematika membutuhkan latihan yang terus-menerus agar otak terbiasa dengan aspek-aspek pengerjaan matematika.


#TEKNIK MENGINGAT
          Mereka bukan punya daya ingat yang luar biasa, tapi karna mereka punya teknik dalam mengingat. Makanya kemampuan pun makin maksimal. Misalnya dengan menghubungkannya dengan hal-hal tertentu yang sangat mudah mereka ingat.


#MENGISI TTS
          Mengisi teka-teki atau permainan yang mengajak otak berpikir, bisa menjaga otak agar tetap fresh. Sama seperti atlet, kalau latihannya berhenti, otot-ototnya akan kaku dan permainannya pun jelek dan kalah bertanding.


#JALAN KAKI
           Berjalan kaki sambil menghirup udara segar akan menghilangkan pikiran-pikiran yang menimbulkan stres menjadi segar lagi.

#TERTAWA
          Selain dianggap menjadi obat yang murah dan baik, tertawa ternyata bagus untuk kesehatan dan kesegaran otak. Tertawa bisa menstimulasi kedua bagian otak secara bersamaan.


sumber : majalah mingguan Gaul edisi 22, 7-13 Juni 2010

| Free Bussines? |

2 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

fb comments