Senin, 25 April 2011

Misteri Mati Suri Terpecahkan


     Pernah mendengar tentang mati suri? Hmm.. itu loh kejadian orang dianggep udah meninggal, eh gak taunya hidup lagi. Dari berbagai kejadian matii suri, mereka yang ngalamin bilang kalo saat "mati" itu mereka serasa ngambang di atas tubuhnya sendiri, terus ada juga yang bilang kalo mereka kayak lagi jalan di terowongan cahaya. Ehm, jadi penasaran deh.. sebenernya mati suri itu apa ya?

        Ternyata, pengalaman menjelang hampir mati mungkin hanya disebabkan oleh badai listrik di otak yang sekarat. Sebuah studi tentang otak sakit kritis pada pria dan wanita mengungkapkan adanya semburan singkat aktivitas sebelum kematian. Setidaknya ini seperti yang dibilang sama Lakhmir Chawla, seorang peneliti dari Universitas George Washington. Doi bilang kalo pengalaman hampir mati bisa disebabkan oleh gelombang energi listrik saat otak kehabisan oksigen. Saat aliran darah melambat dan tingkat oksigen habis, sel-sel otak memicu satu impuls listrik terakhir. "Ini dimulai di salah satu bagian dari otak yang menyebar dan ini dapat memberikan sensasi," katanya.

    Dr Chawla memantau aktivitas otak dari tujuh orang sakit untuk memastikan obat penghilang rasa sakit yang sedang diberikan berkerja dengan efektif. Dalam setiap kasus, aktivitas otak dalam satu jam atau lebih sebelum kematian terpotong oleh dorongan singkat, yang berlangsung dari 30 detik sampai tiga menit. Tingkat yang sama seperti yang terlihat pada orang sadar, meskipun tekanan darah sangat rendah, dapat menghasilkan perasaan dan cahaya terang.

         "Kami berspekulasi bahwa pada pasien yang berhasil kembali hidup, mereka mungkin ingat gambar dan kenangan yang dipicu oleh aktivitas itu. Kami menawarkan ini sebagai penjelasan di mana banyak pasien telah keluar dari tubuh ketika berhasil kembali dari pengalaman hampir mati," lanjutnya.
           Hasil penelitian Dr Chawla yang dimuat dalam Jurnal Kedokteran Paliatif yang diterbitkan bulan Mei 2010 juga menyebutkan bahwa pengalaman mati diakibatkan turunnya level karbon dioksida di dalam darah dan mengubah keseimbangan kimia otak dan membuat orang seperti `melihat` sesuatu.

        Serupa tapi tak sama, sebuah studi sebelumnya juga bilang bahwa hampir satu dari lima pasien serangan jantung yang selamat dilaporkan mengalami pengalaman hampir mati, seperti merasakan raga keluar dari badan, seperti melihat kerabat atau teman yang sudah meninggal, dan merasa seperti melihat sosok sendiri sedang berkedip di depan mukanya. (as/sumber: inilah.com)

| Free Bussines? |

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

fb comments