Senin, 25 April 2011

Makan Kemalaman Bisa Bikin Gigi Cepet Rusak


        Buat yang suka makan kemaleman, apalagi makannya di tengah malam, kayaknya harus mulai waspada nih. Kalau bisa sih agak dikurangin ya kebiasaan kayak gitu, karena ternyata makan di malam hari tau tengah malam lebih beresiko terhadap munculnya masalah kesehatan gigi.

          Peneliti di Denmark dalam tulisannya yang diterbitkan dalam jurnal Eating Behaviours bilang kalau berkurangnya air liur di malam hari adalah penyebab masalah kesehatan gigi itu. Padahal, seperti yang sudah banyak orang tau, air liur itu cukup penting untuk menghilangkan sisa-sisa makanan dari mulut. Jadi, perubahan aliran air liur yang cenderung mengering di malam hari inilah yang jadi penyebab rusaknya gigi.

        Tim peneliti dari Copenhagen University yang bekerja sama dengan peneliti dari Amerika Serikat memeriksa 2.217 catatan medis orang Denmark yang sudah terdaftar dalam penelitian medis. Sebanyak 173 orang atau sekitar 8% dari jumlah partisipan itu bisa dibilang sebagai orang yang doyan makan di malam hari. Mereka mengkonsumsi seperempat atau bahkan lebih dari kebutuhan kalori harian, setelah makan malam atau ketika terbangun di tengah malam sedikitnya dua kali seminggu. Peneliti mengamati apa yang terjadi dengan mereka ini selama enam tahun berikutnya. Hasilnya mengejutkan banget! ternyata mereka lebih mungkin mengalami kehilangan atau kerusakan gigi, bahkan setelah memperhitungkan faktor-faktor lain seperti usia, merokok, dan mengkonsumsi karbohidrat atau gula. "Makan di malam hari, saat mulut kering dan makanan tetap berada di dalam mulut, menekan dampak dari makanan manis dan asam, serta minuman yang dikonsumsi," ujar Profesor Damien Walmsley, penasihat ilmiah untuk British Dental Association, seperti dikutip dari BBC.

          Prof Walmsley juga menyarankan, jika ingin mengurangi resiko kerusakan gigi, sebaiknya selalu menyikat gigi dengan pasta gigi yang mengandung fluoride, dua kali sehari, salah satunya sebelum tidur. Selain itu, kalau bisa, hanya mengkonsumsi air putih setidaknya satu jam sebelum menyikat gigi terakhir. Dr Jennifer Lundgren dari Copenhagen University juga nambahin, walaupun dokter gigi tidak bisa menghentikan kebiasaan pasiennya yang suka makan di malam hari, dokter harus mampu membuat pasiennya sadar dengan resiko yang akan terjadi. (as/sumber: detik.com)

| Free Bussines? |

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

fb comments