Senin, 25 April 2011

Singkong Bisa Gerakin Mobil?

          

    Sumber energi datang dari mana aja. Yang paling anyar nih, tanaman yang gampang ditemuin aja, yaitu singkong. Singkong ternyata bisa menjadi bahan bakar untuk menggerakkan mobil loh.. Energi yang dihasilkan pun bukannya main-main. Lewat singkong, mobil bisa melaju sepanjang 200 KM tanpa ada masalah yang serius. Itu artinya, suatu saat nanti, Singkong akan menjadi bahan bakar baru yang ramah bagi lingkungan.

          Lalu, bagaimana caranya singkong bisa menggerakkan mobil seberat sekitar 100 kg ya? Menurut S.Adibrata, sang penemu nih.. pertama-tama singkong harus melalui proses pengupasan. Kemudian penggilingan, abis itu disaring terakhir diaduk hingga merata. Kayak bikin adonan kue aja. Singkong yang udah terbentuk bubur hasil dari penggilingan, ditambahkan enzim. Berikutnya dimasukkan ke dalam tangki penukar panas.

          Proses berikutnya adalah fermentasi dengan menggunakan ragi roti. Hasil fermentasi tersebut dimasukkan lagi ke dalam tabung destilasi hingga akhirnya berubah hasil menjadi bioetanol. Bahan yang disebut sebagai biopremium inilah yang nantinya akan menjadi bahan bakar untuk menggerakkan mesin. Selesai? belum dong.

          Untuk dapat melancarkan kerja bahan bakar dari singkong ini, harus memakai alat bantu yang fungsinya sebagai converter untuk mempermudah proses pembakaran. Masa buat manasin mesinnya harus digas terus, masalah jadi masalah nanti. Nah, converter ini nanti diletakkan di filter bahan bakar sampai ke mesin. Muncul converter, karena belum ada pendukung pembakaran biopremium untuk mesin standar seperti sekarang ini. Konon, kabarnya bahan bakar menggunakan singkong ini diuji coba ke 1.200 kendaraan dengan hasil bagus loh.. Duuhh senangnyaaa ada bahan bakar ramah lingkungan,.. (ry@n/sumber:kompas.com)

| Free Bussines? |

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

fb comments